Selasa, 25 Januari 2011

STORY BOARD VIDEO KLIP 1

Saya benar-benar SELO ternyata... Liburan baru jalan 3 hari, tapi sudah bosen tingkat akut. Gak tahu mau ngapain. Daripada keluyuran gak jelas sehingga rentan menjadi sampah masyarakat, mending nyampah di-blog aja #random

Pada posting kali ini, saya mau sedikit berbagi pengetahuan yang saya dapat dari mata kuliah Sinematografi. Sejujurnya, saya tidak begitu mendapat pencerahan selama proses perkuliahan kemarin. Hal ini mungkin dikarenakan pak dosen begitu SANGAT AMAT memberi "kebebasan" pada mahasiswanya mencari tahu dunia film dengan terjun langsung ke lapangan. Walaupun hal ini malah terlihat seperti sang dosen tidak menguasai apa yang dia ajarkan (*piss pak dosen) karena saya benar-benar tidak mengerti apa yang dia jelaskan. Oleh karena itu, saya lebih banyak mendapat ilmu dari teman-teman seperjuangan saya mengenai apa itu Storyboard, Treatment, Sinopsis, Script, dan istilah-istilah lain dapat perfilman.

OKE,, Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar mengenai istilah-istilah film yang disebutkan di atas karena pastinya sudah banyak situs yang lebih expert yang dapat menjelaskan istilah tersebut. Saya cuma mau sedikit membagi hasil karya yang telah berhasil menghabiskan waktu saya selama dua minggu kemarin.

Jadi, untuk memenuhi nilai tugas akhir semester 5 Sinematografi, saya disuruh bikin storyboard dari video klip "Pacarku Manis" by Bimbo. Sudah pernah denger lagunya belum?? Lagunya memang sungguh sangat jadul. Menurut asumsi saya, ada beberapa alasan mengapa sang dosen memberi opsi lagu tersebut. Pertama, karena dosen saya yang memang sudah "berumur" (baca;tua) hehehe. Ato karena sebuah misi ingin menghancurkan masa "remaja" saya yang indah dengan lagu-lagu jadul bermelodi mendayu-dayu yang memancing gelora muda kita untuk minum tinta printer *percobaan bunuh diri #eeeeaaaaaa.

Back to topic,, jadi lagu 'Pacarku Manis' itu cerita tentang seorang cewek yang merengek meminta baju tipis kepada sang pacar. Namun, sang pacar (cowok) menolak karena lebih menyukai ceweknya memakai pakaian yang tertutup. Secara garis besar, begitulah intinya. Untuk membuat video klipnya, saya harus berimajinasi secara liar bagaimana visualisasi yang baik untuk membuat video klip yang yahud. Saya membuat video klip dengan alur bolak-balik. Jadi pada tengah cerita tiba-tiba balik ke kejadian sebelumnya. Dan hasilnya,, TARAAAAAA!!!!

Lumayan laaaahhh,, Walau amatiran, yang penting usaha. Pada posting berikutnya saya akan memperlihatkan visualisasi video klipnya. Sabar yaa.. :)

Oh yaaa,, sebelumnya, saya akan kasih lagunya dulu... Selamat menikmati :) klik di sini

3 komentar:

  1. ahahaha.. Aku juga berencana mempost ini bim. Sayang leptop tak kunjung diambil karna duit di atm tak kunjung bertambah..ihihi..

    Ngomong2, aku d jogja ampe manda mau ke bangka kayaknya. Mari berpesta :D

    BalasHapus
  2. aseeeeekkk,,,

    btw, ti. liat hasilnya domg ti
    udah aku bikin video tapi pake movie maker
    hehehe

    BalasHapus
  3. aelah, ini aja aku ngomen lewat HP kok.. Tarlah ya, kalo leppy sudah selesai rawat inap..

    BalasHapus